Kamis, 28 April 2016

Ketahanan Ekonomi Berbasis Usaha Kecil

Ketahanan Ekonomi Berbasis Usaha Kecil

       Dalam keadaan ekonomi yang sulit seperti sekarang ini, ternyata ada masyarakat yang masih memiliki daya tahan ekonomi yang luar biasa. Salah satunya dengan mendirikan usaha kecil yang mengelola berbagai bidang usaha. Seperti yang dilakukan warga Kelurahan Krobokan, Semarang Barat.



       Home Industri Sentra Bandeng Kota Semarang yang berada di Jalan Dworowati Raya, Krobokan, menjadi contoh kelompok usaha kecil menengah (UKM) di bidang kuliner dengan mengolah ikan bandeng menjadi berbagai macam makanan siap saji. Mulai dari presto bandeng, tahu bakso bandeng, sate bandeng, dan berbagai macam olahan lainnya.

“Tinggal kini peran pemerintah membantu mereka. Seperti misalnya membantu peralatan agar kualitas jualannya jadi lebih baik. Sehari mereka bisa menjual 30–50 kilo, dan bisa mendapatkan penghasilan rata-rata Rp 3 juta ini kan sangat bagus sekali,” kata Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP saat melakukan tinjauan, Jumat (20/11) siang.
Tak hanya melihat langsung pengolahan ikan bandeng di tempat tersebut, Ganjar bersama dengan istri Siti Atikoh juga menyambangi tempat pembuatan tempe dan tempatTahu Bakso Ikan Bu Ning. Ganjar pun mengungkapkan, saat ini Pemkot Semarang juga sudah memiliki program E-UKM dimana para pelaku UKM bisa mendaftarkan usahanya untuk didata dan mendapatkan fasilitasi pemerintah seperti bantuan pendampingan, pinjaman perorangan sampai Rp 5 juta tanpa agunan, atau pinjaman hingga seratus juta untuk kelompok.
“Termasuk, mendorong fasilitasi adanya eco district yang bisa punya selling point tinggi di sekitar industri rumahan ini. Dari sini bisa dikembangkan taman herbal dengan di sekeliling ruas jalannya ditanami satu jenis pohon,” katanya.
Sumber http://www.jatengprov.go.id/id/berita-utama/ketahanan-ekonomi-berbasis-usaha-kecil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar